SELAMAT MEMBACA

Senin, Maret 19, 2012

MOTIVASI

Istilah motivasi berasal dari kata movore (bahasa latin) yang berarti to move yakni bergerak atau berpindah. Sementara dalam bahasa inggris motivasi baerasal dari kata motivation yang berarti dorongan.Secara umum motivasi dapat diartikan sebagai dorongan yang timbul atau muncul dari dalam individu untuk melakukan sesuatu.Tujuan dari motivasi adalah untuk menggerakkan individu agar mau menimbulkan keinginan dan kemauan melakukan sesuatu serta mengarahkannya pada tujuan tertentu.
Dalam kamus psikologi dijelaskan bahwa motivasi adalah suatu variable pengantar yang dipergunakan untuk menghitung faktor-faktor dalam organisme yang berusaha, memelihara dan menyalurkan prilaku atau tujuan atau sasaran. Sedangkan menurut Kartono dan  Gulo motivasi adalah kecendrungan organism untuk melakukan sesuatu siakap atau prilaku yang diperlukan oleh kebutuhan dan diarahkan kepada tujuan tertentu yang telah direncanakan.

Beberapa macam dan teori motivasi diantaranya yaitu:
·                Teori Naluri
Menurut Atkinson naluri adalah suatu kekuatan biologis bawaan, yang mempengaruhi organism untuk belaku dengan cara tertentu dalam keadaan yang tepat. MC Dougall mengemukakan sepuluh naluri individu yang mendorongnya untuk melakukan sesuatu perbuatan, yang berupa kemahiran, suka berkelahi, konstruksi, reproduksi, rasa ingin tahu, penolakan, pelarian diri,merendahkan diri sendiri, suka berteman, dan penegasan diri.
·               Teori Kebutuhan
Berikut ini adalah herarki kebutuhan manusia menurut Maslow yang dianggapnya juga sebagai faktor yang bisa memunculkan motivasi sesorang untuk berbuat sesuatu yang berupa kebutuhan Fisiologis, rasa aman, dicintai, penghargaan, aktualisasi diri.
·               Teori Belajar Sosial
Teori ini menekankan pada prilaku yang dipelajari dalam kaitannya berhubungan atau interaksi individu dengan orang lain atau lingkungannya. Menurut teori ini, motivasi untuk berprilaku dapat terjadi melalui proses penguatan yakni manusia cenderung untuk mengulangi prilaku.
·               Teori Hedonisme
Menurut teori ini, manusia pada hakekatnya adalah makhluk yang mementingkan kehidupan yang penuh kesenangan dan kenikmatan.

Tidak ada komentar: