SELAMAT MEMBACA

Selasa, Maret 20, 2012

KONSEP USIA

  1. Usia Kronologis : Patokan usia seseorang berdasarkan usia kalender.
  2. Usia biologis : Usia yang diukur berdasarkan kesehatan jasmani. Usia biologis sesenrang bisa sangat mempengaruhi keadaan psikisnya.
  3. Usia subyektif : Usia yang dirasakan oleh individu yang bersangkutan. Usia subyektif seringkali mendapat tantangan dari social strereotype (pandangan baku masyarakat)
  4. Usia fungsional : Usia yang diukur berdasarkan
    kemampuan seseorang untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu, misalnya; sebagai karyawan, sebagai ibu, penjahit, dll.
  5. Usia social : Usia yang ditinjau berdasarkan peran atau kedudukan social yang diberikan kepada seseorang, misalnya sebagai sesepuh.

Berdasarkan konsep-konsep usia di atas, dapat difahami bahwa proses menjadi tua dipengaruhi oleh banyak factor. Memungkinkan terdapat berbagai kombinasi factor yang tidak sama tingkatannya, misalnya : seseorang dengan usia kronologis 80 tahun, usia biologis tinggi (sehat dan kuat), usia subyektif tinggi (merasa muda), usia social dituakan, usia fungsional rendah (kurang baik berfunsi dalam perannya) akan mempunyai citra yang berbeda dibandingkan dengan individu usia 80 tahun, usia biologis rendah, usia fungsional rendah, tetapi usia subyektif tinggi (merasa muda) dan usia social tidak dituakan.

Tidak ada komentar: